Senin, 01 Agustus 2016

modul dan materi jurusan akuntansi

 Kali ini saya akan berbagi atau share pada kalian bagi yang mengambil jurusan AKUNTANSI. pada postingan ini, saya akan membagi kan berbagai macam modul atau materi yang di butuhkan oleh kalian.




 Pengertian akuntansi


Pengertian akuntansi adalah suatu aktivitas dalam mengidentfikasikan, mengukur, mengkasifikasi dan mengikhtisar sebuah transaksi ekonomi atau kejadian yang dapat menghasilkan data kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang dipergunakan dalam pengambilan keputusan (Amin. W. 1997).

Adapun beberapa pengertian akuntansi menurut para ahli dijelaskan sebagai berikut:
1. Pengertian akuntansi menurut Abu bakar. A dan wibowo adalah suatu proses mengidentifikasi, mencatat dan mengkomunikasikan terhadap semua transaksi eknomi dari entitas atau perusahaan.
2. Pengertian akuntansi menurut Paul Grady merupakan sebuah body of knowledge serta memiliki fungsi organisasi secara tersusun, orisinal, autentik, menganilisis dan menafsirkan seluruh kejadian dan transaksi serta karakter keuangan yang akan terjadi dalam kegiatan entitas akuntasi untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk memanjemen segala laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang telah diterimanya.
3. Pengertian akuntansi menurut Kieso dan Weygandt adalah sebuah sistem informasi yang bertugas mengidentifikasi, melakukan pencatatan dan mengomunikasikan segala kejadian ekonomi dari suatu organisasi ke pihak yang memiliki kepentingan.
4. Pengertian akuntansi menurut accounting principle board adalah suatu kegiatan jasa untuk memberikan informasi yang bersifat kuantitatif dimana pada umumnya berukuran materi atau uang tentang mengenai suatu badan ekonomi yang untuk digunakan dalam mengambil keputusan ekonomi dalam memilih diantara beberapa pilihan alternatif.
5. Pengertian akuntansi menurut American Institute of Certified Public Accountant adalah suatu seni mencatat, mengikhtisarkan dan mengelola dengan proses tertentu dan dalam ukuran moneter dan transaksi serta kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan menafsirkan hasil-hasilnya.

Pengertian akuntansi dan Fungsi Akuntansi

Dari beberapa pengertian akuntansi diatas maka terdapat tiga aktivitas utama dalam akuntansi yaitu:
1. Aktivitas mengidentifikasi yaitu melakukan proses mengenali segala transaksi yang ada dalam perusahaan.
2. Aktivitas mencatat yaitu segala aktivitas yang dilakukan untuk mencatat seluruh transaksi yang pernah terkenali secara sistematis dan kronologis.
3. Aktivitas komunikasi yaitu tindakan untuk menyampaikan informasi akuntansi kedalam bentuk laporan keuangan kepada para pengguna laporan keuangan atau pihak yang memiliki kepentingan baik pihak yang ada dalam perusahaan maupun pihak yang ada diluar perusahaan.

Fungsi Akuntansi

Fungsi akuntansi yang paling utama adalah sebagai media informasi keuangan suatu organisasi karena dari laporan akuntansi kita dapat melihat seperti apa kualitas yang ada dalam suatu organisasi dan seperti apa perubahan yang terjadi dalam organisasi. Akuntansi memberikan informasi data kuantitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai tata keuangan sangat dibutuhkan oleh pihak yang akan membuat keputusan dalam aktivitas selanjutnya baik orang yang ada di dalam organisasi maupun yang ada di luar organisasi.
Akuntansi dapat dijadikan sebagai alat yang membahasakan seperti apa yang terjadi dalam organisasi atau perusahaan tersebut. Dalam akuntansi ada dua macam informasi yang diberikan yaitu tentang nilai perusahaan dan informasi tentang untung-rugi perusahaan. Kedua informasi tersebut bermanfaat untuk:
1. Mengetahui seberapa besar modal yang dimiliki suatu perusahaan
2. Mengetahui seperti apa perkembangan maju mundurnya perusahaan.
3. Sebagai landasan untuk menghitung pajak.
4. Menjelaskan kondisi perusahaan saat membutuhkan kredit dari bank atau pihak lain.
5. Sebagai dasar untuk memutuskan kebijakan yang akan dilaksanakan.
6. Untuk menarik para investor saham jika perusahan telah menjadi perseroan terbatas.
Dalam ilmu akuntansi juga telah berkembang beberapa bidang khusus yang dimana perkembangan tersebut disebabkan oleh adanya peningkatan jumlah dan ukuran perusahaan serta dari peraturan pemerinth. Kemudian adapun bidang-bidang akuntansi yang sudah mengalami perkembangan tersebut yaitu:

bidang-bidang akuntansi

1. Akuntansi keuangan yang mencakup segala pencatatan transaksi-transaksi dalam perusahaan dan melakukan penyusunan laporan secara berkala dimana laporan itu akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi manajemen para kreditor dan pemilik.
2. Pemeriksaan akuntansi atau auditing merupakan bidang yang mencakup pemeriksaan laporan keuangan dengan melalui catatan akuntansi secara bebas berupa laporan keuangan tersebut diperiksa mengenai kebenarannya dan kejujurannya.
3. Akuntansi manajemen merupakan suatu bidang yang menggunakan data historis dan data taksiran dalam membantu proses manajemen untuk merencanakan segala operasi yang akan terjadi di masa mendatang.
4. Akuntansi perpajakan yang mencakup pada penyusunan segala laporan pajak dan memberikan pertimbangan terhadap konsekuensi dari transaksi perusahaan yang akan terjadi.
5. Akuntansi budgester merupakan bidang akuntansi yang bertugas merencanakan segala aktivitas keuangan atau anggaran dalam suatu periode dan memberikan sebuah perbandingan antara segala operasi yang sebenarnya dengan operasi yang akan direncanakan.
6. Akuntansi untuk organisasi nirlaba adalah bidang yang secara khusus bertugas mencatat segala transaksi yang terjadi pada perusahaan yang tidak mencari untung seperti organisasi sosial dan keagamaan..
7. Akuntansi biaya adalah bidang yang bertugas menekankan penentuan dan pemakaian biaya serta melakukan pengendalian biaya tersebut yang terdapat dalam suatu perusahaan industri.
8. Sistem akuntansi adalah semua teknik, metode dan prosedur dengan mencatat dan mengolah segala data akuntansi dalam rangka untuk memperoleh segala pengendalian internal yang baik, dimana pengendalian internal merupakan sebuah sistem yang mengendalikan dengan diperoleh dari adanya struktur organisasi yang membagi tugas dan segala sumberdaya manusia yang cakap dan praktek yang sehat.
9 Akuntansis sosial adalah bidang yang paling terbaru dalam akuntansi dan sulit untuk diterangkan karena menyangkut dana kesejahteraan masyarakat.
Sebagai sistem, akuntansi memiliki beberapa konsep dasar yang menopang keberadaanya yaitu sebagai berikut:
1. Kesatuan Usaha
Akuntansi sebagai kesatuan usaha dimana konsep ini berasumsi bahwa aktiva suatu perusaahan itu terpisah dari aktiva pribadi orang yang akan menyediakan aktiva (modal) yang dimanfaatkan dalam perusahaan tersebut. Dalam akuntansi, pengertian konsep kesatuan usaha, hutang, dan biaya pribadi pemilik akan keluar dari pembukuan perusahaan walaupun aktiva, hutang dan pendapatan yang dimiliki perusahaan tersebut merupakan milik sendiri atau segala biaya pribadi dan utang mesti dihitung secara terpisah dari perusahaan.
2. Perusahaan berjalan.
Dalam konsep ini dianggap bahwa perusahaan yang didirikan dalam jangka waktu yang telah ditentukan semisal perusahaan yang berjenis PT yang masa berdirinya ialah 75 tahun, yaitu adanya asumsi bahwa selama satu kesatuan masih bisa saling menguntungkan maka dia bisa berjalan terus sampai pada waktu yang tidak terbatas.
3. Peridoe akuntansi
Mempertimbangkan banyaknya keputusan mengenai jalannya operasi pada perusahaan dan pihak lain yang memiliki kepentingan selama berlangsungnya operasi perusahaan maka jangka waktu dalam pembuatan laporan ialah satu tahun.
4. Satuan Uang
Segala transaksi yang ada di perusahaan mesti dicatat dalam satuan uang yaitu suatu perubahan aktiva yang diukur dengan satuan tertentu.
5. Harta perolehan
Seluruh aktiva yang pada umumnya dibukukan sebesar harga pendapatannya.
6. Aspek Ganda
Segala pencatatan transaksi akan mempengaruhi sedikitnya dua akun perkiraan dalam pembukuan.
7. Konsep Akrual
Konsep akrual berkaitan dengan perhitungan untung dan rugi perusahaan yang memberikan penekanan pada suatu kejadian di periode tertentu baik hasil maupun biaya.
Demikianlah informasi tentang pengertian akuntansi dan fungsi akuntansi | Mudah-mudahan informasi tentang pengertian akuntansi dan fungsi akuntansi dapat memberikan manfaat dalam menambah wawasan tentang pengertian akuntansi dan fungsi akuntansi.



modul penting ini bisa langsung di download langsung di bawah ini:



  1. PROSEDUR HuTANG JANGKA PENDEK
  2. AKUN INVES JANGKA PANJANG
  3. Kartu Aktiva Tetap
  4. kartu utang
  5. Mengelola Adm Pembelian
  6. Mengelola Bukti Transaksi
  7. mengelola gaji upah
  8. Mengelola Kartu Persed
  9. Mengelola Order Penjualan
  10. mengelola penagihan piutang
  11. mengelola proses kredit
  12. Modul Adm Dana Kas Kecil
  13. Modul Bahan Baku
  14. Modul Jurnal
  15. Modul Mengelola Buku Besar
  16. Modul Pengelolaan Kas
  17. Pengel. Adm Gudang
Semoga bermanfaat dan barokah


0 komentar

Posting Komentar